LKD Hari I: RD. Tinyo Tegaskan OSIS, Leadership, dan Calon Imam

St. Yohanes Berkhmans Todabelu Mataloko

OSIS SMA Seminari St. Yohanes Berkhmans Todabelu menyelenggarakan Latihan Kepemimpinan Dasar (LKD) hari pertama, Kamis (14/03). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XI dan staf inti kelas X. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini, ialah “Lead Your Self to be Great Leader; Pimpin Dirimu untuk Menjadi Pemimpin Hebat”.

Dalam pemaparan materi pertama tentang kepemimpinan, RD. Tinyo Sera menjelaskan keterkaitan OSIS, leadership, dan calon Imam. Kepala SMA Seminari Todabelu ini menjelaskan bahwa OSIS merupakan wadah bagi para siswa untuk membentuk dan membina kemampuan mereka dalam memimpin (leadership) dan menggerakan warga OSIS untuk mencapai tujuan bersama sebagai calon Imam. Baginya kepemimpinan merupakan kemampuan menggerakan warga OSIS ke arah tujuan bersama dengan menggunakan seluruh daya yang dimiliki.

Sementara itu, calon Imam adalah para siswa kelas XI dan beberapa siswa kelas X yang tergabung dalam kepengurusan OSIS.

Selain itu, dalam pemaparan materi kepemimpinan tersebut, RD. Tinyo juga menyebut empat ciri kepemimpinan, yakni cita, cipta, citra, dan cinta (4C). Ia mengharapkan empat ciri kepemimpinan tersebut dapat membantu kepemimpinan OSIS periode 2024-2025.

Sebelumnya, dalam Upacara Pembukaan LKD, RD. Tinyo juga mengungkapkan tujuan LKD sebagai rangka atau tahap awal mengenal kepemimpinan.  “Saya harap LKD kali ini dapat menjadi pegangan bagi kalian semua selama satu periode ke depan dalam memimpin OSIS SMA Seminari Todabelu ini,” ungkap beliau.

Ketua Panitia LKD, Ibu Noni Rasni di sela-sela kegiatan LKD turut menegaskan hal serupa. “Pada dasarnya kegiatan LKD ini membantu kamu semua untuk bisa punya wawasan tentang kepemimpinan; dan juga bisa persiapkan kamu dalam memimpin OSIS selama satu periode ke depan,” ungkap Ibu Noni. (Harol Tage).