Leutikon Raih Peringkat Pertama Biblio Battle

St. Yohanes Berkhmans Todabelu Mataloko

Kelompok III Pesta Famili (Pesfam) 2023, Leutikon berhasil meraih peringkat pertama dalam lomba Biblio Battle, Senin malam (11/9). Dalam pantuan Breaking News, perlombaan ini berlangsung selama dua minggu lebih, sejak Jumat (25/8).

Selama dua minggu, 10 peserta dari setiap kelompok diberi tugas untuk membaca buku bahasa Inggris sebanyak mungkin. Ke-10 peserta ini kemudian memilih salah satu buku di antara buku-buku yang telah dibaca, untuk dipresentasikan di hadapan para juri, para peserta lomba, dan para audiens, Senin malam (11/9).

Presenter Leutikon, Egwin Gawe merasa sangat tertantang dengan perlombaan tersebut. Baginya perlombaan ini mendorongnya untuk semakin mengembangkan berbagai macam skill.

“Lomba ini adalah hal yang baru bagi saya dan sangat menantang. Saya semakin terdorong untuk mengembangkan skill seperti diksi, body language, intonasi, dan berpikir kritis secara cepat,” ungkap Egwin Gawe yang juga adalah siswa kelas XII MIA.

Sementara itu, ketua Juri Biblio Battle, Romo Nani Songkares mengapresiasi para peserta lomba yang mampu membahasakan buku-buku yang telah dibaca secara lebih mendalam. Walaupun  demikian, menurutnya, Biblio Battle yang dilaksananakan tidak berdasar pada metode yang sebenarnya.

“Saya rasa kalian sudah mampu membahasakan buku-buku yang kalian baca secara lebih mendalam. Walaupun Biblio Battle yang kita lakukan tidak murni. Sebenarnya bentuk presentasinya tidak menggunakan PPT, tetapi buku secara fisik”, ungkap Romo Nani saat diwawancarai Breaking News usai perlombaan.

Selain itu, Romo Nani  juga menambahkan bahwa Biblio Battle merupakan bentuk promosi buku yang memampukan para seminaris untuk meningkatkan minat literasi.

Romo Nani juga berharap Seminari dapat membentuk komunitas membaca yang terus bergerak dan mengaktifkan Biblio Battle.

“Kegiatan ini sebenarnya  banyak digunakan di berbagai institusi pendidikan, di perpustakaan besar dan komunitas membaca. Di wilayah kita biblio battle belum banyak dilaksanakan. Namun saya sangat berharap, Seminari bisa menjadi pionir untuk kegiatan yang bermanfaat seperti ini,” ungkap Romo Nani.

Adapun urutan juara II hingga IV dalam perlombaan ini berturut-turut, yakni Genesis, Arithmoi, dan Exodus.

Untuk diketahui pada malam yang sama berlangsung pula perlombaan Master of Ceremony (MC) tingkat SMP. Urutan kejuaraan untuk perlombaan ini, yakni juara I: Exodus, juara II: Genesis, Juara III: Arithmoi, dan juara IV: Leutikon. (Sam Ama).

Editor: Bayu Tonggo.